:::: MENU ::::
  • Suitable for all screen sizes

  • Easy to Customize

  • Customizable fonts.

Kamis, 10 Agustus 2017

A. devinisi/pengertian Produk,Proses Pendorong, Pribadi

  1.  Conny Semiawan mengatakan Kreativitas merupakan ekspresi tertinggi dan yang bersifat terintegrasikan, yaitu sintesa dari semua fungsi dasar manusia seperti rasio, intuisi, rasa dan talen cipta. (Perspektif     Pendidikan Anak Berbakat, hal, 51-52).
  2. Utami Munandar menyimpulkan konsep kreativitas dengan pendekatan Empat P, Yaitu: Pribadi, Proses, Produk, dan Pendorong. Yang  pengertian definisinya sebagai berikut:
  • Definisi Pribadi:
     kreativitas muncul dari keunikan keseluruhan kepribadian dalam interaksi dengan lingkungannya. (Hulbeck). Kreativitas merupakan titik pertemuan yang khas antara 3 atribut psikologis: intelegensi, gayakognitif, kepribadian/motivasi. (Sternberg). Guilford menerangkan bahwa kreativitas merupakan kemampuan atau kecakapan yang ada dalam diri seseorang, hal ini erat kaitannya dengan bakat. Sedangkan Hulbeck menerangkan bahwa tindakan kreatif muncul dari keunikan keseluruhan kepribadian dalam interaksi dengan lingkungannya. Definisi kreativitas dari dua pakar diatas lebih berfokus pada segi pribadi.

  • Definisi Proses:
Kreativitas nampak di dalam cara menemukan masalah, kesulitan, informasi yang salah, unsur-unsur yang salah, hingga menyampaikan hasilnya.

  • Definisi Produk:
     Definisi pada dimensi produk merupakan upaya mendefinisikan kreativitas yang berfokus pada produk atau apa yang dihasilkan oleh individu baik sesuatu yang baru/original atau sebuah elaborasi/penggabungan yang inovatif.
Definisi yang berfokus pada produk kreatif menekankan pada orisinalitas, seperti yang dikemukakan oleh Baron (1969) yang menyatakan bahwa kreatifitas adalah kemampuan untuk menghasilkan/menciptakan sesuatu yang baru.

  • Definisi Pendorong:
     Kreativitas menekankan pada factor pendorong internal yaitu diri sendiri dan eksternal, yaitu lingkungan social dan psikologis. Factor internal termasuk motivasi intrinsic (pendorong internal). Dan lingkungan social yang kondusif (pendorong eksternal). (Munandar, 199:28.29).

    3.Kesimpulan:
     Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk melahirkan sesuatu yang baru, baik berupa gagasan maupun karya nyata, baik dalam bentuk aptitude (berpikir kreatif) maupun non aptitude (Afektif), baik dalam karya baru maupun kombinasi dengan hal-hal yang sudah ada, yang semuanya itu relative berbeda dengan apa yang telah ada sebelumnya.

B. Jenis jenis produk kreatif

  1. Periklanan (Advertising)

  2.      Sub sektor induatri kreatif yang pertama adalah advertising atau dunia periklanan. Advertisisng mencakup segala bentuk industri kreatif yang bergerak dibidang jasa periklanan atau biasa juga disebut kmunikasi satu arah dengan menggunakan medium tertentu.
  1. Arsitektur

  2.      Sub sektor industri kreatif selnjutnya adalah arsitektur, arsitektur sendiri adalah kegiatan kreatif yang berkaitan dengan desain bangunan secara menyeluruh, baik dari level makro (town planning, urban design, landscape architecture) sampai level mikro (detail konstruksi)
  1. Pasar Barang Seni

  2.     Sub sektor industri kreatif ketiga adalah pasar barang dan seni. Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan perdagangan barang-barang asli khas suatu daerah, handmade, unik dan langka serta memiliki nilai estetika seni dan sejarah yang tinggi melalui media lelang, galeri, toko, pasar swalayan dan juga online melalui internet, prodk dari industri ini biasanya berupa barang-barang musik, percetakan, kerajinan, automobile, dan film.
  1. Kerajinan (Craft)

  2.      Sub sektor seni selanjutnya adalah kerajinan atau juga biasa disebut craft. Craft adalah kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi pembuatan, produksi dan distribusi produk yang dibuat atau dihasilkan oleh tenaga pengrajin yang berawal dari desain awal sampai proses penyelesaian produknya langsung dari tangan pengrajin
    Desain


     Sub sektor seni yang kelima adalah desain, Desain adalah kegiatan kreatif yang terkait dengan         kreasi menggunkan desain grafis, desain interior, desain produk, desain industri, konsultasi         i     identitas perusahaan dan jasa riset pemasaran serta produksi kemasan dan jasa pengepakan
     Industri pakaian(fashion)

     Sub sektor keenam adalah industri pakaian, kegiatan kreatif fashion yang terkait dengan kreasi         desain pakaian, desain alas kaki, dan desain aksesoris mode lainnya, produksi pakaian mode dan     aksesorisnya, konsultasi lini produk berikut distribusi produk fesyen. 
     Vidio,film and fotographi

     Sub sektor selanjutnya adalah industri video, film, dan fotografi, sama halya dengan industri           fashion yang berkembang pesat Kegiatan kreatif yang terkait dengan kreasi produksi video, film,     dan jasa fotografi, serta distribusi rekaman video dan film sedang mengalami masa pertumbuhan     yang terbilang cukup pesat juga
    Permainan iteraktif (game) 

     Sub sektor selanjutnya adalah industri game. Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi,             produksi, dan distribusi permainan komputer dan video yang bersifat hiburan, ketangkasan, dan       edukasi.
    Musik 

     sub sektor selanjutnya adalah industri musik. Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi atau     komposisi, pertunjukkan, reproduksi, dan distribusi dari rekaman suara. 
    Seni pertunjukan (shnowbiz) 


     Sub sektor kesepuluh dalah industri pertunjukan. Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan usaha       pengembangan konten, produksi pertunjukkan. 
   Percetakan dan penerbitan 


    Sub sektor kesebelas adalah industri penerbitan dan percetakan.Kegiatan kreatif yang terkait           dengan penulisan konten dan penerbitan buku, jurnal, koran, majalah, tabloid, dan konten digital     serta kegiatan kantor berita dan pencari berita.



    layanan komputer dan piranti lunak (software) 

    Sub sektor selanjutnya adalah industri komputer dan perangkat lunak. Kegiatan kreatif yang           terkait dengan pengembangan teknologi informasi, termasuk layanan jasa komputer, pengolahan      data, pengembangan database, pengembangan piranti lunak, integrasi sistem, desain dan analisis      sistem, desain arsitektur piranti lunak, desain prasarana piranti lunak dan piranti keras, serta            desain portal termasuk perawatannya.
  1. Televisi & Radio (Broadcasting)

  2.      Sub sektor ke tigabelas adalah industri pertelvisian. Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan usaha kreasi, produksi dan pengemasan acara televisi (seperti games, kuis, reality show, infotainment, dan lainnya), penyiaran, dan transmisi konten acara televisi dan radio, termasuk kegiatan station relay (pemancar) siaran radio dan televisi.
  1. Riset dan Pengembangan (R&D)

  2.      Sub sektor selanjutnya adalah industri riset dan pengembangan. Kegiatan kreatif terkait dengan usaha inovatif yang menawarkan penemuan ilmu dan teknologi, serta mengambil manfaat terapan dari ilmu dan teknologi tersebut guna perbaikan produk dan kreasi produk baru, proses baru, material baru, alat baru, metode baru, dan teknologi baru yang dapat memenuhi kebutuhan pasar. Termasuk yang berkaitan dengan humaniora, seperti penelitian dan pengembangan bahasa, sastra, dan seni serta jasa konsultansi bisnis dan manajemen
  1. Kuliner

  2.      Sub sektor terakhir adalah industri kuliner.Kegiatan kreatif ini termasuk baru, kedepan direncanakan untuk dimasukkan ke dalam sektor industri kreatif dengan melakukan sebuah studi terhadap pemetaan produk makanan olahan khas Indonesia yang dapat ditingkatkan daya saingnya di pasar ritel dan passar internasional. Studi dilakukan untuk mengumpulkan data dan informasi selengkap mungkin mengenai produk-produk makanan olahan khas Indonesia, untuk disebarluaskan melalui media yang tepat, di dalam dan di luar negeri, sehingga memperoleh peningkatan daya saing di pasar ritel modern dan pasar internasional.

0 komentar:

Posting Komentar

A call-to-action text Contact us